Matsanda Mencari Bakat (MMB) 2019

Siang itu, usai salat Jumat, ada yang berbeda dari penampilan siswa-siswi Matsanda. Tidak hanya mengenakan seragam sekolah, beberapa siswa nampak memakai kostum tari dengan warna-warna cerah. Beberapa juga mengenakan kostum panggung yang begitu mengagumkan. Belum lagi sorak-sorai yang jelas terdengar dari aula madrasah di antara musik tradisional yang sedang berkumandang. Usut punya usut, ternyata hari itu, Jumat (18/1), adalah final Lomba Matsanda Mencari Bakat (MMB).

MMB sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan MTsN 2 Kota Kediri untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat siswa-siswinya. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, tangal 11─12, 15, dan 18 Januari 2019. Tiga hari untuk babak penyisihan dan satu hari untuk final. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta, baik individu maupun kelompok gabungan dari beberapa kelas.

“Peserta tahun ini sama bagusnya dengan peserta tahun lalu, bahkan lebih,” ujar Lasemi, juri lomba menyanyi dan menari. “Seperti salah satu peserta dari kelas 7. Dia punya suara yang bagus. Sayangnya, salah memilih lagu. Jadi, ketika nada tinggi, suaranya tidak sampai.”

Selain lomba menyanyi per orangan, ada tiga bidang lagi yang dilombakan dalam MMB kali ini, yakni lomba sastra (drama), lomba tari mencakup tari tradisional dan modern (dance), dan lomba band. Setelah melalui penjurian yang ketat, didapat 20 pemenang (juara 1,2,3 dan juara harapan) dari keempat bidang yang dilombakan.

Lomba bidang band dimenangkan oleh Horizon Band, gabungan dari kelas 9A, 9C, dan 8B. Lomba bidang sastra dijuarai oleh Excopera dari kelas 9C. Untuk lomba menyanyi, posisi pertama berhasil disabet oleh Puspa Arum Raraningtyas dari kelas 8E. Terakhir, lomba menari/dance digenggam oleh Nur ‘Aini Masruroh dari kelas 8L.

“Anak-anak yang menang ini tidak akan berhenti di sini. Mereka akan kami latih untuk mengisi kegiatan perpisum (perpisahan umum) kelas 9 nanti, baik perpisum di aula maupun di Insumo,” terang Lasemi. “Bahkan, akan kami ikutkan dalam School Contest yang akan diadakan di Gumul nanti untuk kategori lomba band,” tambahnya.

Sementara Hadi Suseno kepala madrasah Tsanawiyah Negeri 2 kota Kediri sangat mengapresiasi dengan kegiatan Madtsanda mencari bakat. Baginya ini merupakan moment penting bagi siswanya untuk menunjukkan skil apa yang perlu ditunjukkan kepada madrasah ini. (Humas).