Mengenang Sosok Kartini, MTsN 2 Kota Kediri Selenggarakan Upacara Bendera

Kota Kediri (MTsN 2) – Setiap orang tahu sosok Kartini, seorang perempuan Jawa yang dikenal cerdas, santun dan sederhana. Sosoknya telah mengispirasi wanita Indonsia dan walaupun dia telah tiada namanya selalu dikenang oleh seluruh anak negeri ini. Salah satu cara untuk mengenangnya dengan memperingatinya setiap tahun.

Hari ini, Sabtu (21/4) di halaman MTsN 2 kota Kediri seluruh guru, karyawan, dan siswa kelas 7 dan 8 dengan berbusana tidak seperti hari-hari biasa dimana bapak-bapak memakai batik bebas atau pakaian tradisional, sementara ibu-ibu memakai kebaya, dan siswa putri memakai kebawa, siswa putra memakai batik bebas hadir bersama di halaman madrasah tersebut untuk mengikuti upacara bendera dalam rangkah memperingati hari Kartini yang notabene seluruh petugas upacara dari ibu-ibu guru madrasah tersebut.

Puji Astuti selaku Pembina upacara dalam pidatonya dia mengungkap kembali sosok pribadi Kartini. Menurutnya Kartini merupakan sosok wanita cerdas. Kecerdasannya bisa dilihat dalam mengungkap ide-ide berliannya kaitannya dengan kehidupan wanita masa itu yang dia dituangkan dalam tulisan. Kesukaan dia dalam menulis mengantarkan dia ke dunia tulis menulis bersama orang-orang Belanda. Menurut Puji, apa yang telah dilakukan oleh Kartini supaya menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk meningkatkan kepekaan kehidupan sosial di lingkungan sekitarnya. Disamping itu kemampuan tulis menulis yang pernah dilakukan oleh Kartini supaya ditiru oleh generasi muda pada umumnya dan khususnya siswa MTsN 2 kota Kediri. Masih menurut Puji, siswa madrasah tersebut supaya menjadi Kartini – Kartini jaman now yang selalu semangat dalam menggerakan literasi dalam kehidupan belajar di madrasah tersebut.

Kegembiraan nampak dari wajah Masduki selaku kepala madrasah tersebut. Menurutnya upacara hari ini sukses luar biasa.

“Upacara pagi ini berbeda dengan upacara-upacara lainnya. Saya melihat semangat petugas upacara yang notabene ibu-ibu luar biasa. Mereka melaksanakan tugasnya hampir mendekati kesempurnaan walaupun latihan sebelumnya hanya tiga kali. Semoga apa yang telah mereka lakukan dalam menjalankan tugasnya bisa menginspirasi siswa yang mengikuti upacara hari ini sehingga siswa bisa meniru dalam mengemban tugas nantinya. Selain itu, dengan upacara ini sosok Kartini bisa mengispirasi dunia literasi siswa yang sedang dikembangkan di madrasah ini.” Tuturnya di ruangan kerjanya setelah upacara selesai.

Setelah upacara selesai, seluruh siswa menuju masjid untuk melakukan doa bersama untuk mendoakan kakak-kakaknya kelas 9 yang Senin depan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN-BK). Setelah doa selesai, kegiatan mereka selanjutnya mengikuti lomba yang dihelat oleh OSIS madrasah tersebut diantaranya lomba memasak, lomba debat, lomba cerdas cermat, lomba puisi, dan lomba pembuatan video pendek. (HUMAS/John)