MTs Negeri 2 kota Kediri Selenggarakan Diklat Literasi Bagi Siswanya

Kota Kediri (MTsN 2 kota Kediri) – Kata literasi saat ini bukan hal yang asing lagi bagi semua pihak. Kata ini sering diucapkan oleh guru di depan siswanya, kepala madrasah di depan guru-guru, bahkan antar siswa itu sendiri. Merujuk Kamus online Merriam-Webster bahwa literasi dipahami sebagai suatu kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis.

Bertempat di ruang kelas PDCI 2, Rabu dan Kamis (10-11/5) sebanyak 25 siswa MTs Negeri 2 Kota Kediri mengikuti diklat penguatan literasi yang bekerjasama dengan Nizamia Learning Center (NLC). Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari tersebut diharapkan peserta diklat bisa menghasilkan karya tulisan dalam bidang novel, cerpen, puisi, karya ilmiah remaja (KIR), fabel, pengetahuan popular, dan presensi. Dan pada akhirnya karya-karya tersebut bisa terbitkan secara luas sebagai karya siswa itu sendiri.

Moh. Amak Burhanudin kepala MTs Negeri 2 kota Kediri mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal menulis serta persiapan madrasah tersebut sebagai  madrasah literasi. “Sengaja kami menyelenggarakan kegiatan diklat ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa kami yang sebetulnya mereka sudah memiliki kemampuan menulis sebelumnya, bahkan mereka sudah terbiasa menulis. Kami optimis dengan kegiatan ini akan memiliki dampak positif bagi siswa kami dalam hal menulis. Selain itu kegiatan ini sebagai  langkah awal untuk mewujudkan MTs Negeri 2 kota Kediri sebagai madrasah Literasi di kota Kediri, provinsi, maupun nasional” Tuturnya.

Setelah satu hari peserta menerima materi tentang bagaimana menulis yang baik, di hari ke dua peserta praktek membuat tulisan. Dengan mengadopsi tulisan yang peserta tulis sebelumnya, akhirnya tim Nizamia Learning Center memilih dari puluhan tulisan yang ada dan terpilih tiga judul yang siap dibawa ke penerbit dan siap dicetak. Tiga judul karya siswa tersebut; Ilmiah itu Keren, Kelir Imaji (Antologi Cerpen Fantasi), dan Berfikir Ilmiah itu Menyenangkan. (HUMAS)

Leave a Reply