MTsN 2 Kota Kediri Selenggarakan MATSAMA Sebagai Pintu Masuk Kesuksesan Siswanya

 

Kota Kediri (MTsN 2 Kota Kediri) – Gemuru ucapan hamdala ‘alhamdulillah’ terdengar begitu serentak di aula MTsN 2 kota Kediri. Ucapan tersebut diucapkan oleh peserta masa ta’aruf siswa madrasah (MATSAMA) setelah tiga hari (16-18/7) mereka mengikuti kegiatan tersebut.

Sore ini, Rabu (18/7) kegiatan masa ta’aruf siswa madrasah (MATSAMA) di madrasah tersebut secara resmi ditutup oleh kepala madrasah tersebut. Selama proses petutupan acara tersebut semua peserta konsentrasi mengikutinya, tak seorangpun berbicara dengan teman-temanya. Walupun suasana hening, namun raut wajah yang gembira dari semua peserta MATSAMA bisa dilihat.

Dalam acara itu, diberi kesempatan perwakilan siswa untuk menyampaikan pesan dan kesan selama mengikuti kegiatan tersebut. Pemberian kesempatan pada siswa awalnya tidak ditentukan siapa yang harus dipilih, namun secara spontan ditunjuk oleh MC untuk mewakili teman-temanya.

Wildan Amrullah (7 K), siswa lulusan dari salah satu SDN di kabupaten Nganjuk yang menjadi perwakilan teman-temanya memberikan pesan dan kesan. Dalam sambutannya, dia merasa senang sekali bisa mengikuti MATSAMA, banyak hal yang bisa di dapat selama kegiatan tersebut baik materi dasar keagamaan maupun materi umum. Dia juga mewakili teman-temannya meminta maaf kepada madrasah jika selama kegitan tersebut melakukan aktifitas yang kurang baik.

Sementara itu, dalam sambutannya Masduki berharap kepada 449 siswa kelas 7 yang baru saja mengikuti MATSAMA tersebut supaya selalu mengingat seluruh materi kegiatan tersebut karena semua materi yang disampaikan semuanya penting bagi siswa tersebut sebelum mengikuti kegiatan belajar besoknya.

“MATSAMA itu bagaikan pintu masuk kalian dalam menjalankan kehidupan di madrasah ini selama tiga tahun kedepan. Maka setiap materi yang disampaikan oleh pemateri semuanya berharga untuk kalian, karena setiap materi itu merupakan petunjuk dasar perjalanan kalian di madrasah ini. Jika kalian bisa memahaminya dengan baik, maka insyaAllah kalian akan menjadi siswa yang luar biasa di madrasah ini. Namun sebaliknya, jika kalian tidak paham sama sekali rangkaian materi tersebut maka ini menjadi pertanda kurang baik bagi kalian untuk tiga tahun kedepan di madrasah ini.” Tuturnya dengan ekspresi yang semangat.

Setelah acara ditutup MC, acara dilanjutkan dengan ta’aruf seluruh guru madrasah tersebut dengan seluruh peserta MATSAMA dan setelah itu mereka bersalam-salaman untuk mengakhiri perjumpaan diantara mereka. (HUMAS/John)