Peningkatan Keterampilan Abad 21, MTsN 2 Kota Kediri Selenggarakan Super Camp

Kota Kediri (MTsN 2) – Walaupun secara kalender pendidikan hari Ahad tidak ada kegiatan belajar mengajar, namun Hari ini, Ahad (22/4) di halaman MTsN 2 kota Kediri tetap ramai dengan kegiatan siswa madrasah tersebut. Para siswa tersebut sedang mengikuti kegiatan Super Camp yang diselenggarakan madrasah tersebut yang sudah dimulai sejak Sabtu (21/4) kemarin.

Masduki selaku kepala MTsN 2 kota Kediri berharap kegiatan super camp yang berlangsung tersebut bisa membawa manfaat  terhadap peningkatan empat bahasa bagi siswa-siswanya yang mengikutinya.

“Salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki manusia adalah keterampilan komunikasi. Komunikasi adalah salah satu kunci sukses dalam hidup ini. Banyak sekali problem bermunculan, baik di level keluarga, masyarakat, lingkungan kerja, kehidupan bernegara, bahkan antarnegara, ternyata berawal dari miscommunication. Untuk menghindari kesalahpahaman dalam komunikasi antar manusia maka diperlukan kepiawian seseorang dalam menggunakan bahasa sehingga satu dengan yang lainnya saling memahami apa yang dimaksudkannya. Salah satu cara yang kami kembangkan di madrasah ini dalam rangkah membangun keterampilan abad 21 tersebut, kami selenggarakan super camp dengan memasukkan empat bahasa sebagai alat komunikasi selama kegiatan ini berlangsung, dan kami berharap pasca kegitan ini ada manfaat positif bagi siswa yang mengikutinya.” Ujarnya dalam kegiatan pembukaan kegiatan tersebut.

Di tempat terpisah, hal senada juga disampaikan oleh Sri Afiati selaku ketua kegiatan yang sekaligus ketua program  kelas unggulan  madrasah tersebut. Dia mengatakan bahwa kegiatan super camp yang sedang berlangsung saat ini merupakan program rutinan madrasah tersebut dengan tujuan siswa yang mengikutinya nanti memiliki bekal sehingga bisa memenangkan persaingan abad 21 nantinya.

“Kebetulan saat ini kami sedang mengadakan super camp dengan berbasis empat bahasa yakni bahasa Arab, bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Dengan harapan kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi siswa dalam bahasa setelah kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya yakni Arabic Camp. Secara schedule, setiap 3 bulan sekali madrasah ini menyelenggarakan kegiatan yang mengharuskan siswa kami bermalam/mabid di madrasah ini yakni English Camp, Arabic Camp, Super Camp, dan Religi Camp. Kami berharap kegiatan ini tidak sia-sia bagi siswa kami artinya mereka bisa mengambil manfaat dari event ini sebagai bekal menghadapi persaingan abad 21. Tuturnya di sela-sela kegiatan pemantauan kegiatan. (HUMAS/John)

 

.