Sejarah Singkat

 MADRASAH TsANAWIYAH NEGERI 2 KOTA KEDIRI

  1. SEJARAH

Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri II berdiri 16 Maret 1978. Madrasah ini merupakan bagian dari PGAN 6 yang telah berdiri tahun 1962-an. Pada tahun 1978 berubah menjadi PGAN Kediri dengan masa belajar 3 tahun. Dengan demikian siswa yang diterima di PGAN ini bukan lagi tamatan MI/SD melainkan harus tamanan MTs/SMP. Dan MTsN Kediri II yang berperan menampung tamatan MI/SD.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pesatnnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di MTsN Kediri II. Maka, lokasi belajar yang selama sepuluh tahun menjadi satu dengan PGAN Kediri sudah tidak memungkinkan lagi. Akhirnya BP3 MTsN Kediri II mengupayakan untuk merelokasi MTsN Kediri II ke tempat lain yakni di Jl. Sunan Ampel No 4 (dulu) No. 12 (sekarang) Kelurahan Ngronggo Kota Kediri. Hal serupa (relokasi) juga dilakukan oleh MAN II Kediri dan SPIAIN/STAIN Kediri di tempat yang sama, bahkan diikuti pula oleh Pengadilan Agama Kota Kediri.

Usaha ini tidak sia-sia dan mendapat dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak, mulai pengadaan tanah, bangunan dan lainnya mendapat support dari orang tua siswa dan masyarakat. Bahkan, tokoh masyarakat bernama H. Shofwan siap mewakafkan tanah dan siap membangunkan masjid di depan madrasah. Dan masjid itu berdiri megah hingga saat ini dengan nama Masjid As-Shafwan.

Hingga saat ini madrasah ini telah berusia 39 tahun dan telah meluluskan lebih dari 15.000 siswa dan puluhan ribu siswa siswa dan MTs swasta yang menjadi KKM MTsN Kediri II. Sejumlah prestasi Akademik dan Nonakademik telah ditorehkan MTsN Kediri II sehingga layak disebut Madrasah Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional.

  1. IDENTITAS MADRASAH

Nama Madrsah       : MTs Negeri Kediri II

Alamat                       : Jl. Sunan Ampel No. 12 Ngronggo Kediri

Telepon/Fax             : 0354-687895

NSM                            : 121135710003

NPSM                          : 20583785

Email                           : mtsn_kdr_2@yahoo.co.id

Web                             : http://www.mtsn2kediri.sch.id

Fb                                : HUMAS MTs NEGERI 2 KOTA KEDIRI

  1. VISI DAN MISI MADRASAH

VISI

Unggul dalam Prestasi dan ISTIKOMAH (Islami, Terampil, Inovatif, Kompetitif, Berakhlakul Karimah) serta Peduli Lingkungan

MISI

  1. Menciptakan madrasah yang berbasisnilai-nilai agama, empati, dan intelektualitas sehingga menubuhkan penghayatan dan pengamalanajaran Islam yang bernuansa kebangsaan dan berakhlak
  2. Mendorong penguasaan keterampilan dan pengembang anteknologis ehingga memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa mendatang.
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, kreatif, dan inovatifs Sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.
  4. Menerapkan manajemen partisipatif dan terbuka dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan komite madrasah.
  5. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah baik dalam prestasi akademik maupun non akademik.
  6. Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih,dan indah.
  7. Mendorong dan membantu warga madrasah untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal dan menanamkan rasa tanggungjawab terhadap dir isendiri dan sesama.