Pustekkom Kemendikbud Nobatkan Siswa MTsN 2 Kota Kediri Juara 1 Provinsi Jatim dalam Kuis Kita Harus Belajar (KIHAJAR) 2018

Kota Kediri (MTsN 2) – Tawa riang menghiasi bincang antara Abdullah Mubarak (9A) dengan Masduki kepala MTsN 2 kota Kediri hari ini Senin (20/8) di ruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut Abdullah demikian teman-temannya memanggil dia melaporkan sekaligus menyerahkan piala dan sertifikat penghargaan juara satu kuis kita harus belajar (KIHAJAR) tingkat Jawa Timur kepada kepala madrasah tersebut.

Menurut Abdullah, keikutsertaan dalam kuis kita harus belajar (KIHAJAR) 2018 tingkat provinsi yang diselenggaran oleh PUSTEKKOM KEMENDIKBUD di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Kediri beberapa hari lalu merupakan tantangan tersendiri dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Apalagi  prosesnya panjang dan melelahkan dimana para peserta mengerjakan 20 soal secara online kemudian dipilih 3 nilai terbaik untuk maju ke tahap berikutnya, setelah itu dia diminta untuk melihat video lalu membuat kesimpulan dan membuat presentasi dalam power point pada hari itu sekaligus.

“Alhamdulillah, akhirnya perjuangan saya terbayarkan dengan dinobatkan saya sebagai juara satu kuis KIHAJAR 2018 jenjang SMP/MTs tingkat Provinsi Jawa Timur oleh Pustekkom Kemendikbud dengan menyisihkan 87 peserta jenjang SMP/MTs se-Jatim. Rankaian mulai dari mengerjakan 20 soal kemudian diambil tiga terbaik lalu membuat kesimpulan dari tayangan video kemudian mempresentasikan melalui program power poin. Dan akhirnya memberi kesempatan saya menjadi juara. Juara ini saya persembahkan untuk madrasah saya yang telah mendidik saya selama ini. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak ibu guru saya yang telah memberikan semangat, bimbingan dan ketulusan doanya sehingga mempermudah kemenangan saya.” Ujarnya ketika ditemui di ruang kelas belajarnya.

Sementara Masduki selaku kepada madrasah tersebut merasa bangga memiliki siswa yang super cerdas dalam event tersebut. dia berharap, siswanya tersebut bisa menjadi juara nasioanal nanti.

“secara pribadi saya senang siswa kami bisa mengikuti event ini, mengingat event ini sangat baik sekali untuk siswa itu sendiri. Banyak manfaat akan didapat dalam kuis kita harus belajar (KIHAJAR), seperti siswa akan terbiasa dengan berpikir kritis (critical thinking) dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri (problem solving) yang dihadapi. Selain itu, ini akan menjadi stimulus bagi siswa lain untuk terpacu menjadi yang terbaik selama belajar di madrasah kami. Dan setelah menjadi juara satu dalam kuis kita harus belajar (KIHAJAR) tingkat provinsi Jatim besar harapan nantinya siswa saya ini bisa menjadi juara di tingkat nasional, aamiin.” Katanya dengan bangga (HUMAS/John)