Siswa MTsN 2 Kota Kediri Jawa Timur Raih Gold Award Olimpiade Matematika Di Thailand

Kota Kediri (MTsN 2) – Sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai, pagi ini, Selasa (9/4) masjid al-Azhar yang terletak di MTsN 2 Kota Kediri penuh dengan siswa, staf, dan guru madrasah tersebut. Mereka berada di tempat suci itu tiada lain menjalankan kegiatan rutinitas harian yakni sholat Duha. Setelah sholat selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian informasi penting oleh kepala madrasah, salah satu informasi yang disampaikan adalah raihan Gold Award dalam ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 yang baru saja diraih oleh Muhammad Adi Brata Tata Negara Saputra kelas 7B. Mendengar informasi juara Internasional, nampak raut kegembiraan di wajah warga madrasah tersebut sangat gembira dan serentak mereka melakukan sujud syukur sebagai pertanda wujud rasa syukur atas nikmat yang Allah anugrakan kepada madrasah tersebut.

Adi begitulah teman-temanya memanggil dia, sosok siswa berpenampilan sederhana dan tidak banyak berbicara di kelasnya. Saat ini telah membuktikan diri bahwa dia telah mampu menjadi yang terbaik dalam bidang Matematika tingkat dunia dengan menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari 21 negara. Thailand yang menjadi tempat kegiatan event internasional itu telah menjadi saksi sejarah kejeniusan seorang anak Indonesia yang dididik di sebuah madrasah Tsanawiyah Negeri 2 (MTsN 2) kota Kediri sehingga mereka angkat topi terhadap Adi Brata karena prestasinya.

Ditanya keberhasilan dalam event tersebut melalui sambungan telpon karena hingga berita ini ditulis Muhammad Adi Brata Tata Negara Saputra masih berada di Malaysia karena mengikuti kegiatan lain, dia mengatakan bahwa keberhasilannya merupakan hasil jerih payanya selama ini dalam belajar Matematika serta dukungan semangan, dan doa orang tuanya dan teman-temannya dan yang utama karena anugrah Allah.

“Alhamdulillah akhirnya Allah memberi saya yang terbaik dalam mengikuti final Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 yang diselengaarakan di Head Star International School Thailand tanggal 5-8 April 2019 dengan mendapat medali emas. Prestasi ini tentu tidak serta merta datang dengan sendirinya walaupun selama ini saya telah mengusahakannya dengan belajar. Dibalik ini semua tentu ada pihak-pihak yang terlibat sehingga saya meraih prestasi ini; diantaranya motivasi dan doa dari kedua orang tua saya, doa dan bimbingan dari guru-guru saya, doa dan motivasi dari teman-teman saya, dan yang utama Kemahapengasihan Allah SWT.” Katanya dalam sambungan telpon.

Dengan raihan medali emas oleh siswanya, Hadi Suseno, selaku kepala MTsN 2 kota Kediri Jawa Timur sangat bangga atas prestasi siswanya di ajang Internasional tersebut. Menurutnya, raihan prestasi tersebut merupakan anugrah Allah terbesar dan luar biasa bagi madrasahnya khususnya dan bagi Kementerian Agama umumnya.

“Alhamdulillah dan amazing buat ananda Adi Brata yang telah mewujudkan impiannya meraih emas di ajang internasional. Atas nama warga MTsN 2 kota Kediri, kami ucapkan selamat dan semoga prestasi seperti ini bisa selalu diraih dan bisa menjadi inspirasi bagi siswa lain untuk berprestasi juga. Raihan prestasi ini menunjukkan bahwa anak madrasah tidak bisa dianggap enteng. Ini menunjukkan bahwa ternyata madrasah juga bisa. Ananda Adi telah menjadi pahlawan bangsa di event Internasional, dia telah mampu mengibarkan merah putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya diantara 21 negara yang mengikuti event di Thailand tersebut. ini sesuatu yang luar biasa. Dan kami sangat bangsa karena salah satu siswa kami telah menjadi pahlawan negara ini.” Katanya dengan semangat.

Muhammad Adi Brata Tata Negara Saputra sebelum mendapat emas di ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 ini, dia pernah mendapat medali emas tingkat provinsi Jawa Timur dalam kompetisi Hidayatullah Mathematics and Science Olympiad (HIMPSO) 2019, Juara umum kompetisi olimpiade Matematika tingkat Jawa Timur-Jawa Tengah 2019, Bronze Medal tingkat Internasional dalam event Word International Mathematics Olympiad (WIMO) 2018, Silver Medal tingkat Intenasional dalam event American Mathematics Olympiad (AMO) 2018, Peraih Medal Perak tingkat Internasional 2018 dalam event International Challenge for Future Mathematic 2018, serta peraih Perunggu tingkat Internasional dalam event International Mathematic Olympiad 2018, dan masih banyak lagi prestasi yang dia dapat. (HUMAS/John)