Kegiatan Rutin: Jum’at Bersih Dekatkan Siswa MTsN 2 Kota Kediri Lebih Cintai Kebersihan

Kota Kediri (MTsN 2) – Tak seperti biasanya, Jumat (29/09), pembelajaran di MTs Negeri 2  Kota Kediri berakhir pada jam ke-4 atau pukul 09.30 wib. Hari itu, setelah istirahat, segenap warga madrasah melaksanakan kegiatan bersih-bersih dan pemeliharaan lingkungan madrasah.

Sebelum kegiatan dimulai, Sulagi, pemimpin kegiatan hari itu mengumpulkan seluruh anggota pokja (kelompok kerja) lingkungan madrasah untuk diberi pengarahan. Dalam arahannya, Sulagi mengatakan agar setiap pokja melaksanakan tugas masing-masing dengan penuh semangat dan tanggung jawab. “Kerjakan sesuai tugas masing-masing pokja agar madrasah kita bisa menjaga lingkungan madrasah selalu rindang, hijau, dan bersih.” Tukas Sulagi.

Tak perlu dikomando dua kali, seluruh anggota pokja yang terdiri dari pokja kantin, pokja hemat energi, pokja kolam, pokja satwa, greenhouse, kamar mandi, kranisasi, biopori, PLS (Polisi Lingkungan Sekolah), KIR, pokja hutan, dan lain-lain pun bergerak melaksanakan tugas masing-masing. Bahkan, siswa-siswi yang tidak tergabung dalam pokja pun sudah  membersihkan kelas dan lingkungan sekitar sejak beberapa waktu yang lalu. Beberapa dari mereka mendekorasi ulang taman yang berada di depan kelas sehingga tampil beda.

Tidak ada yang berpangku tangan, hari itu semua warga bergerak serentak guna memperindah lingkungan madrasah. Beberapa pokja pun terlihat begitu semangat melaksanakan tugasnya. Salah satu kegiatan pokja yang menarik perhatian adalah pokja kolam. Hari itu mereka melakukan pemanenan ikan lele. Setiap anggota pokja bekerja sama memanen ikan dari kolam. Kemudian, membersihkan dan menjualnya kepada bapak ibu guru.

“Amis dan geli,” ujar salah satu anggota pokja kolam saat membersihkan dan mengeluarkan isi perut ikan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Jumat bersih ini, lingkungan madrasah semakin terjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanannya. Dengan begitu, madrasah yang ada di lingkungan kemenag kota Kediri ini mampu menjadi lingkungan yang asri dan bersih. (HUMAS)