Kemeriahan Peringatan Sumpah Pemuda di MTsN 2 Kota Kediri

Kota Kediri (MTsN 2) – Dalam rangkah memperingati hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10), MTsN 2 Kota Kediri menyelenggarakan apel dan Bulan Bahasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Bulan Bahasa di MTsN 2 Kediri tahun ini diwarnai dengan berbagai perlombaan. Untuk tahun ini, lomba yang diadakan adalah lomba pidato 4 bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa), lomba Rekam Percobaan, dan Lomba mendongeng. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas, mulai dari kelas 7, 8, dan 9.

Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa diawali dengan apel peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus pembukaan kegiatan Bulan Bahasa. Apel dimulai pukul 07.00. Dalam sambutannya, Mambaul Ulum selaku pembina apel mengatakan betapa pentingnya kontribusi generasi muda bagi kemajuan NKRI ini karena pemuda-pemudi inilah yang akan meneruskan perjuangan dalam membangun bangsa yang besar ini. Usai menyampaikan amanatnya, Ulum pun membuka kegiatan Bulan Bahasa di  MTsN 2 yang disambut oleh tepukan meriah selirih peserta apel.

Secara serentak, kegiatan lomba di MTsN 2 Kediri dilaksanakan tepat pukul 08.00 wib. Mengambil setting tempat yang berbeda, rangkaian lomba dalam rangka peringatan Hari Bulan Bahasa pun  berjalan dengan lancar. Dari sekian banyak jenis lomba, yang paling menarik atensi warga madrasah adalah lomba mendongeng. Dengan kostum dan alat peraga mendongeng, para peserta berlomba-lomba tampil maksimal di hadapan juri. Sorak sorai siswa-siswi Madtsanda pun bergemuruh saat para pendongeng tampil menarik dengan kekhasan gayanya masing-masing.

Adapun rangkaian lomba ini selain bertujuan untuk memeriahkan Hari Bulan Bahasa juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme para siswa. Selain itu, untuk mengasah kemampuan berbahasa siswa. Tidak hanya Bahasa Indonesia, tetapi juga Bahasa Arab, Jawa, dan Inggris. Sekaligus mengukuhkan MTsN 2 kota Kediri sebaga Madrasah Literasi. (HUMAS)