MTs Negeri 2 Kota Kediri Hadirkan Hasil Riset Siswa Dalam International Islamic Education Expo Kementerian Agama RI

Kediri Kota (MTsN 2 kota Kediri) – Perjalanan panjang nan melelahkan dengan menaiki kereta api dari kota Kediri menuju Bumi Serpong Damai (BSD) Tanggerang yang dilakukan oleh tim expo MTs Negeri 2 kota Kediri dalam ajang International Islamic Education Expo kementerian agama RI perlu diajungi jempol. Betapa tidak dengan membawa barang bawaan banyak untuk expo hanya dikawal oleh tiga guru dan dua siswa.
Kelelahan selama perjalanan menuju BSD Tanggerang terobati dengan banyaknya pengunjung yang melihat di stand expo madrasah tersebut selama kegiatan berlangsung Senin-Jum’at (20-24/11). Dalam catatan buku pengunjung, total ada ratusan pengunjung yang mengunjungi stand expo madrasah tersebut. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari siswa baik MI, MTs, Aliyah, perguruan tinggi seperti STAIN, IAIN, UIN baik swasta maupun negeri. Umumnya mereka ingin mengetahui hasil karya siswa madrasah tersebut di bidang karya ilmiah remaja (KIR) yang telah dihasilkan siswa madrasah tersebut.
Karya siswa dalam bentuk hasil riset yang menjadi menu utama ‘jualan’ tim expo madrasah tersebut menjadi keheranan para pengunjung. Mereka heran dengan karya riset siswa yang telah dihasilkan.
“Ketertarikan saya untuk mengunjungi stand MTsN 2 kota Kediri karena saya ingin lihat produk riset yang telah dihasilkan. Masak siswa level MTs sudah bisa menghasilkan karya ilmiah remaja. Ini yang membuat saya kagum dengan MTsN 2 kota Kediri. Saya ingin belajar banyak dari madrasah ini dalam membimbing siswa hingga bisa menghasilkan riset. suatu hari nanti kami dari madrasah kami akan berkunjung ke MTsN 2 untuk study tentang riset.” kata guru Fatimah guru Biologi Aliyah dari Jakarta.
Masduki selaku kepala MTs negeri 2 kota Kediri yang sejak berangkat mengawal timnya merasa senang dan bangga madrasahnya banyak dikunjung tamu.
“Dari hari pertama stand expo dibuka hingga hari terakhir stand expo ditutup dengan melihat langsung para pengunjung yang hadir, semakin memantapkan kami untuk meningkatkan layanan riset di madrasah kami. Madrasah kami satu-satunya madrasah tingkat MTs di kementerian agama RI yang konsern di masalah riset. Dan sebagai puncak dari hasil layanan kami tentang riset, siswa kami sering menjadi juara nasional dalam lomba riset. Dan minggu ini kami pamerkan di stand expo ini.” Katanya. (HUMAS)