MTs Negeri 2 Kota Kediri Selenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal Tahun Pelajaran 2017-2018 Berbasis Komputer

Kediri Kota (MTsN 2) – Hari ini Jum’at (24/11) MTs Negeri 2 kota Kediri tengah memasuki hari ke-dua dalam penyelenggaraan penilaian akhir semester (PAS) gasal tahun pelajaran 2017-2018. PAS di madrasah  tersebut pada semester ini berbeda dari sebelum-belumnya, dimana PAS yang biasa diselenggarakan di madrasah tersebut menggunakan kertas dan pensil atau yang dikenal dengan PAS-KP (Penilaina akhir semester kertas dan pensil) untuk seluruh mata pelajaran, kali ini madrasah tersebut menggunakan juga komputer dalam kegiatan penilaian tersebut, sehingga dikenal dengan PASBK (penilaian akhir semester berbasis komputer). PASBK diselenggarakan di madrasah tersebut untuk mata pelajaran yang masuk katagori mata pelajarn ujian nasional (UN).

Masduki selaku kepala MTs Negeri 2 Kota Kediri mengatakan bahwa PASBK dalam semester gasal tahun pelajaran 2017-2018 sengaja diselenggarakan untuk membiasakan siswa-siswi mengerjakan ujian dengan komputer agar kelak ketika mengikuti UN-BK tidak merasa gaptek. Selain itu kata dia, kegiatan tersebut melatih untuk membiasakan karakter jujur dalam prilaku siswa.

“Ada yang berbeda kali ini di madrasah kami dalam hal pelakasanna penilaian akhir semester, dimana biasanya siswa kami mengerjakan soal semesterannya menggunakan kertas dan pensil, namun kali ini mereka mengerjakan test dengan menggunakan Komputer. PAS-KP digunakan untuk mata pelajaran non UN, sementara PAS-BK digunakan untuk mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasioanal (UN). Selain itu juga dengan PAS-BK, integritas siswa tetap terjaga karena siswa tidak bisa mencotek karena satu komputer dengan komputer lain soal berbeda.” Tutur Masduki kepala MTsN 2 kota Kediri yang dulu pernah menjadi guru di MTs Negeri 3 kota Kediri.

Hurun In Kamila, salah satu peserta PASKP dan PASBK merasa senang dengan dua cara penyelenggaran semester gasal di madrasah tersebut. Baginnya dengan dua cara tersebut dalam mengerjakan seluruh pelajaran makin maksimal dalam mengerjakan seluruh test setiap mata pelajaran.

“PASKP untuk kami tidak ada masalah, juga demikian PASBK karena saya terbiasa dengan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gonta-ganti cara tersebut justru membuat saya semakin menikmati ujian kali ini.” Tutur Hurun yang saat ini duduk di kelas 8A.

PAS-KP dan PAS-BK kelas 7, 8, dan 9 di MTsN 2 kota Kediri berlangsung mulai 23 November hingga 5 Desember 2017. (HUMAS)