MTsN 2 Kota Kediri Selenggarakan Spritual Building Training (SBT) Plus Parenting

Kota Kediri (MTsN 2) – Ratusan siswa kelas IX yang didampingi wali muridnya serta bapak ibu guru wali kelas IX dan guru BK MTsN 2 kota Kediri hadir bersama di lantai 7 Hall Sri Ratu kota Kediri. Kehadiran mereka tentu bukan untuk berbelanja di tempat shopping tersebut, tapi mereka menghadiri acara spiritual building training (SBT) plus parenting yang diselenggarakan madrasah  tersebut yang kerja sama dengan PT. Tiga Serangkai Group (TS) dengan nara sumber tunggal Andi Surya Brata yang diselenggarakan di tempat tersebut.

Acara yang dilaksanakan Selasa (10/10) yang dimulai pukul 08.00 dan berakhir 13.30 berlangsung dengan khidmat. Sebelum acara inti (SBT plus parenting) dimulai, acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh siswa kemudian dilanjut sambutan ketua komite kemudian sambutan kepala madrasah sekaligus membuka acara tersebut dan ditutup dengan doa yang dibacakan oleh salah satu wali murid mereka, kemudian dilanjut dengan acara inti.

SBT plus parenting yang merupakan acara inti tersebut menghadirkan trainer dan motivator Andi Surya Brata. Dalam kegiatan tersebut, Andi mengajak seluruh peserta mamasuki ‘dunia lain’ yakni dunia hampa dimana yang ada hanyalah diri sendiri sebagai mahluk ciptaan Allah dan Allah sebagai pencipta alam raya.

Dalam pengaruh hypnotheraphy yang dilakukan Andi, peserta diajak untuk melakukan muhasabah,  yaitu merenungkan kembali tentang hal-hal yang telah dilakukan selama ini untuk menyadari akan kesalahan dan dosa-dosa yang telah diperbuat terutama kepada orang tua mereka. Pada sesi ini hampir seluruh peserta terutama peserta perempuan menangis sejadi-jadinya sebagai wujud kesadaran dan penyesalan akan perilaku dosa yang telah diperbuat selama ini. Dan dalam kondisi seperti itu, siswa diminta meminta ampun kepada Allah sang pencipta dengan membaca istighfar sebanyak-banyaknya dan setelah itu mereka diminta untuk mencari orang tuanya yang ada diruangan tersebut untuk meminta maaf. Nampak pemandangan yang membuat air mata keluar, antara siswa dan orang tua saling berangkulan.

Menurut PLT MTs Negeri 2 kota Kediri, Mohammad Nizar kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang di adakan di madrasah tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan spiritual keagamaan dan motivasi belajar khususnya bagi para siswa-siswi dan secara umum untuk keluarga besar madrasah tersebut. Tidak hanya itu, para orang tua dilibatkan dalam kegiatan tersebut supaya mereka juga mengerti peran orang tua terhadap anaknya. Dia juga berharap kegiatan ini bermanfaat dan bisa diselenggarakan secara berkesinambungan. (HUMAS)