MTsN 2 Kota Kediri Selenggarakan Training Kader Kesehatan Keamanan Remaja (K3R)

Kediri Kota (MTsN 2) – MTsN 2 kota Kediri yang dikenal dengan madrasah segudang kesibukan kegiatan kembali beraksi. Madrasah tersebut mengawali pekan pertamanya di bulan November 2017 dengan mengajak siswanya untuk meningkatkan kompetensi siswanya dalam kegiatan kader kesehatan keamanan remaja (K3R). Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa yang tergabung di kegiatan ekstra kurikuler yakni polisi keamanan sekolah (PKS), palang merah remaja (PMR), usaha kesehatan sekolah (UKS), dan Pramuka.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut sungguh berkesan dan bermanfaat bagi peserta. Selama dua hari tersebut, para peserta mendapat materi pelatihan sesuai dengan organisasi ekstra kurikulernya. Hari pertama mereka meterima materi di madrasah tersebut dan di hari ke dua mereka diajak ke hutan kawawan Gua Selomangleng kota Kediri yang jaraknya sekitar 15 KM untuk penempuhan badge dan pengambilan sumpah janji.

Materi polisi kecil sekolah (PKS) langsung disampaikan dari pihak polres Kediri Kota. Materi yang disampaikan berkaitan dengan bahaya kenakalan remaja, operasi zebra, dan disiplin berlalu lintas. Selain teori diberikan, para peserta diajak langsung ke lapangan untuk praktek.

Materi palang merah remaja (PMR) disampaikan langsung dari palang merah Indonesia (PMI) dengan materi bahasan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Materi usaha kesehatan sekolah (UKS) disampaikan langsung oleh tim dinas kesehatan (DINKES) Kediri kota melalui pihak puskesmas. Materi yang disampaikan tentang prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sedang meteri pramuka disampaikan langsung Pembina senior dengan materi syarat-syarat kecakapan golongan penggalang.

“Saya bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh seluruh Pembina kegiatan tersebut. Kegiatan ini tak akan bermakna apa-apa dan bahkan tidak bisa berjalan dengan sempurna manakalah tidak ada ketulusan dari mereka. Saya berharap setelah kegiatan ini selesai ada tindak lanjut lagi sehingga kompetensi siswa PKS, PMR, UKS, dan Pramuka selalu meningkat.” Tuturnya. (HUMAS)