Ratusan Siswa MTsN 2 Kota Kediri Berlatih Jadi Wartawan Di Radar Kediri Group Jawa Pos

Kota Kediri (MTsN 2) – Meningkatnya minat membaca dan menulis siswa MTsN 2 kota Kediri sudah berselang lama, lebih-lebih madrasah tersebut saat ini telah menerapkan kebiasaan literasi dalam hidup belajar di madrasah yang terletak di jalan Sunan Ampel 12 Ngronggo Kota Kediri tersebut. Ini merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru di madrasah tersebut untuk mengawal siswanya.

Dalam rangkah menyempurnakan kemampuan para siswa di madrasah tersebut, MTsN 2 kota Kediri membekalinya dengan beragam kegiatan, salah satunya adalah kegiatan jurnalistik trip yang bekerjasama dengan Radar Kediri group Jawa Pos.

Jum’at – Sabtu (3-4/11) sebanyak 107 siswa kelas 7 kelas unggulan mendapat giliran untuk mengikuti kegiatan Jurnalistik trip di kantor Radar Kediri group Jawa Pos. Selama proses kegiatan tersebut, pertama-tama mereka diajari pengetahuan dasar kejurnalistikan dan fotografer. Setelah itu mereka  dibagi menjadi beberapa kelompok untuk peliputan berita, mereka diajak meliput ke tempat Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Kediri. Setelah berita didapat dari beragam tempat mereka diajari cara menulisnya, cara mengeditnya, cara pengambilan foto/gambar, melihat cara mencetak berita di tempatnya langsung yakni PT Temprina Media Grafika yang berlokasi di Nganjuk, dan terakhir mereka diajari juga cara menjual Koran secara langsung ke masyarakan pembaca di tempat-tempat yang bisa dijangkau.

“Ini merupakan pengalaman yang amazing dalam hidup saya. Mengikuti kegiatan journalist trip ini merupakan anugerah bagi saya. Ini akan menambah peningkatan kemampuan saya dalam hal menulis karna sejak kecil saya suka menulis. Terima kasih MTsN 2 Kota Kediri dan Radar Kediri yang telah memberi kesempatan saya untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga lain kali saya masih diberi kesempatan.” Tuturnya sambil senyum kegirangan.

Sementara ketua kegiatan journalist Trip MTsN 2 kota Kediri, Sri Afiati yang juga sekaligus sebagai ketua program kelas unggulan sangat mengapresiasi semangat siswanya. Bahkan dia berharap setiap siswa yang baru saja mengikuti kegiatan tersebut bisa mengaktualisasikan dalam bentuk tulisan nyata sehingga mereka memiliki karya yang bisa dipersembahkan untuk madrasah ini seperti pembuatan artikel atau tulisan lainnya dan bisa dipublikasikan di madding maupun  web madrasah ini atau webnya kanwil kemenag provinsi dan kemenag pusat melalui humas madrasah ini.

Hal senada juga disampaikan Masduki selaku kepala MTsN 2 kota Kediri. Pria yang baru saja menjabat kepala madrasah tersebut sangat senang dengan kegiatan tersebut dan dia berharap hal ini akan menjadikan madrasah ini semakin mantap dalam literasi melalui pelatihan jurnalistik trip sehingga siswa madrasah ini ikut andil dalam memajukan Negara ini.

“Salah satu ciri negara maju bisa dilihat dari kemampuan masyarakatnya untuk menulis dengan benar sesuai kaidah bahasa dan kaidah jurnalistik. MTsN 2 kota Kediri merasa terpanggil  menjadi bagian dari itu. maka melalui kegiatan jurnalistik trip ini siswa kami tidak ada kendala dalam hal menulis sesuatu, apalagi madrasah kami sedang menggalakkan program rintisan madrasah literasi nasional.” Katanya. (HUMAS)

.