Siswa MTsN 2 Kota Kediri Praktek Sembelih Hewan Dalam Mapel Fikih

Kota Kediri (MTsN 2) – Hari ini Jum’at (27/10) puluhan siswa kelas 9 berkumpul di halaman aula MTsN 2 kota Kediri guna mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran Fikih dengan materi pelajaran penyebelian hewan.

Pukul 6.45 WIB seluruh siswa madrasah tersebut masuk kelas masing-masing dan mereka langsung membaca surat-surat dari juz 30 sesuai jadual yang telah dibuat di masing-masing tingkat kelas. Tepat pukul 07.00 di jam pelajaran 1 dan 2 puluhan siswa kelas 9F bergegas keluar dari kelas mereka dan langsung menuju halaman aula sambil membawa beberapa ayam dan perlengkapan lainnya yang sudah disiapkan dari rumah. Ayam tersebut digunakan untuk praktek penyembelian.

Ni’mafatin guru mata pelajaran Fikih berharap dengan pembelajaran praktek langsung siswanya tidak hanya pandai teori tentang penyembelihan tapi mereka bisa juga mempraktekannya langsung.

“Hari ini mereka sengaja saya bawa ke depan aula ini untuk praktek menyembeli hewan ayam. Biar mereka merasakan langsung bagaimana rasanya menyembeli hewan sesuai dengan tuntunan Islam.” Tuturnya. Lebih lanjut dia mengatakan “Dalam realitasnya, proses pembelajaran ini menunjukkan hasil lebih baik daripada pembelajaran berbasis text book. Mengapa? Pembelajaran berbasis text book, materinya tidaklah mudah dicerna, pengetahuan yang diberikan harus melalui proses lebih lanjut berdasarkan kemampuan daya serap dan daya pikir/nalar dari masing-masing siswa sehingga persepsi yang sangat subyektif bisa menjadikan salah tafsir/salah pemahaman berakibat sulit dipraktekkan dalam kehidupan nyata. Sedangkan proses pembelajaran melalui learning by doing ini. setiap siswa saya berhadapan langsungdengan obyek atau pokok materinya sekaligus memikirkan untuk mencari pemecahan masalah yang ditemui. Proses tanya jawab sambil bekerja bersama guru lebih berpeluang bagi pembelajar untuk mengadopsi nilai-nilai, maupun metode penyembelihan yang Islami.” Sambungnya.

Setelah ayam disembelih dalam praktek pembelajaran tersebut, dagingnya dimasak oleh tim kantin madrasah tersebut dan setelah itu dibuat makan bersama baik sesama siswa maupun guru dan karyawan madrasah tersebut.

Kegiatan belajar mengajar (KBM) pelajaran Fikih dengan materi penyembelihan hewan tidak hanya di kelas 9F saja, namun kelas 9 lainnya akan mendapatkan pengalaman hal yang sama. (HUMAS)